1 Sukses Dalam Berinvestasi Saham, Lo KHeng Hong ~ Ayo Nabung Saham

Wednesday, June 22, 2016

Sukses Dalam Berinvestasi Saham, Lo KHeng Hong


Lo Kheng Hong disebut - sebut sebagai warrent buffetnya indonesia Ia berpendapat bahwa menjadi seorang investor saham itu bisa membuat kaya, meskipun dia sedang tidur tanpa mendirikan Perusahaan atau memiliki usaha, asetnya kini diperkirakan lebih Rp2,5 triliun.

Dengan Kematangan, kecerdasan, ketenangan, dan kesabaran telah menjadikan Lo Kheng Hong sebagai pemain saham sejati. Berkat itu pula ia berhasil lolos dari krisis moneter 1997- 1998, bahkan kemudian mendapat keuntungan hingga 150.000%. "Waktu krisis 2008, saya sempat jatuh. Malah sewaktu krisis 1997-1998, saya sempat jatuh hingga uang saya tinggal 15%. Tapi uang itu saya tukar ke saham. Akhirnya uang saya meningkat 150.000% sampai saat ini,” tuturnya.

Kerjanya cukup 3 hal yang disebutnya RTI: Read, Thinking, dan Investing. Berkat kejeliaanya dia mampu menghasilkan uang tanpa bekerja. Menghasilkan jutaan dan uangnya bisa digunakan berkeliling 5 benua. Ia menyebutkan setidaknya dua kali dalam setahun ke luar negeri.

Lo Kheng Hong Tidak memilih obligasi karena returnnya kecil. Tidak pernah masuk ke reksadana. Alasannya karena uang dikendalikan orang lain. Bagaimana jika orangnya tidak jujur dan sebagainya.
Manajer investasi tidak jujur sudah banyak. Ia menekankan bahwa main saham justru lebih unggul. Dia tidak pula bermain emas. Alasan utama karena emas tidak produktif, Jika kita simpan emas 1 kg, maka 10 tahun lagi tetap 1 kg emas. Tidak pula membeli dollar. Menurutnya orang membeli dollar berharap krisis ekonomi, negara diharap tidak stabil, agar rupiah lemah dan bisa mendapat keuntungan cepat. Sedangkan saham kebalikannya orang tidak mengharap keburukan. Kamu menganalisa dan berharap kinerja perusahaan membaik sehingga memberikan untung.
Lo juga menyarankan kamu jangan menabung di Bank. Pasalnya bunga kecil tidak menghasilkan untung. Ia sendiri menyimpan seperlunya tidak semua. Bagaimana dengan deposito? Tidak pula pilihan, ia menyebut bahwa deposito ketika terkena inflasi dengan bunga kecil sama saja miskin pelan- pelan.
 
Lo Kheng Hong bukanlah tipe pedagang saham (trader) yang aktif melakukan jual beli saham setiap hari. Ia adalah tipe investor sejati, yaitu menanam duitnya dalam saham untuk jangka panjang. Baginya, investor jauh lebih menguntungkan dibanding menjadi trader. Hidup juga lebih nyaman, tidak perlu diburu nafsu setiap saat.
 
Berikut adalah beberapa tips Lo kheng Hong dalam membeli saham:
  • manajemennya apakah dikelola orang yang jujur, profesional, berintegritas, dan dikagumi.
  • perhatikan usahanya. Di masa depan akan seperti apa bisnis itu?. Kita bisa lihat masa lalunya dalam jangka panjang misalnya 5-10 tahun ke belakang
  • cari perusahaan yang labanya besar melalui profit margin dan ROE
  • pilih perusahaan yang terus bertumbuh dalam jangka panjang
  • cermati valuasi dari PER (price earning ratio) atau PBV (price to book value), bandingkan dengan kompetitornya. Belilah yang murah. Kesempatan emas untuk membeli saham bagus dengan harga murah tentu saja di tengah kondisi krisis
 berikut wawancara dengan Lo kheng Hong yang menurut saya menarik di lihat:


Jadi investasi saham bisa memberikan return yang paling besar di bandingkan investasi model lainnya, dulu investasi saham sangat ribet karena belum online, saat ini transaksi jual beli saham sudah sangat gampang, karena bisa di lakukan secara online trading, dan untuk menjadi piawai dalam berinvestasi saham, juga diperlukan langkah-langkah yang tepat, dan apa yang sudah dilakukan Lo Kheng Hong bisa menjadi catatan dan layak ditiru bagi semua orang yang akan mulai menekuni dunia investasi saham.
 
 

0 comments: